Selamat Menempuh Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan Tahun 2018, Prestasi Penting Jujur yang Utama

UNPK Paket C Th 2018
27 Apr 2018 -

"Selamat menempuh ujian pendidikan kesetaraan, kerjakan dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya, serta ingat prestasi itu penting tapi jujur yang lebih utama,” demikian pesan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) Harris Iskandar, melalui video singkat di akun media sosial (medsos) Facebook milik Direktorat Jenderal (Ditjen) PAUD & Dikmas

Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C (setara SMA/SMK/MA) tahun 2018 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia mulai hari ini, Jumat 27 April 2018, pelaksanaan UNPK Paket C dilaksanakan pada rentang waktu antara 27 April s.d 2 Mei 2018. Sedangkan UNPK Paket B (Setara SMP/MTs) akan dilaksananakan pada rentang waktu 4 s.d 7 Mei 2018. Rencananya hasil Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan di satuan pendidikan akan diumumkan pada 31 Mei 2018.

Mata Pelajaran yang diujikan Paket C ada 7 Mata Pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Geografi, Matematika, Bahasa Inggris, Ekonomi serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dan untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)  yaitu Bahasa Indonesia, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Fisika serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Sedangkan Paket B Mata Pelajaran yang diujikan ada 6 yaitu Bahasa Indonesia, PKn, Matematika, IPS, Bahasa Inggris dan IPA.

Jumlah peserta ujian UNPK Paket B diseluruh Indonesia mencapai 122.198 orang,  sementara jumlah peserta UNPK paket C berjumlah 216.180 orang. Jadi total peserta didik yang akan mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan tahun 2018 ini sejumlah 338.378 orang. Baik Ujian Paket B dan Paket C tahun ini dilakukan dengan moda UNBK (Berbasis Komputer) dan UNPK (Berbasis Pensil dan Kertas). Dan tahun 2018 ini merupakan tahun kedua bagi pendidikan kesetaraan menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JH)




Pos-pos terakhir

  • DitBindiktara melaksanakan Workshop Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Serang, Banten

    Selengkapnya
  • Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional Tahun 2018

    Selengkapnya
  • Kemendikbud Memberikan Penghargaan Kepada Daerah, Pelaku dan Lembaga PNFI dalam Mendukung dan Menuntaskan Buta Aksara

    Selengkapnya
  • Kurikulum 2013 dan Modul Pendidikan Kesetaraan Resmi diluncurkan oleh Mendikbud

    Selengkapnya
  • Pengumuman Pegiat Perempuan Tahun 2018

    Selengkapnya